Senin, 23 April 2012

Pendaftaran Seleksi Masuk Unpad Telah Dimulai, Kecuali Program S-1 yang Baru Buka Mei 2012

Pendaftaran Seleksi Masuk Unpad Telah Dimulai, Kecuali Program S-1 yang Baru Buka Mei 2012

[Unpad.ac.id, 19/04/2012] Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) 2012 untuk program Diploma, Magister, Doktor, Profesi dan Spesialis telah dibuka sejak tanggal 9 April 2012 yang lalu. Informasi terkait sistem pendaftaran, program studi dan biaya untuk program-program tersebut dapat dibuka di laman http://smup.unpad.ac.id/. Diharapkan bagi yang berminat mengikuti SMUP  tersebut dapat membaca secara lengkap informasi di laman tersebut.
Logo Unpad *
Sementara pendaftaran SMUP untuk jenjang S-1, dijadwalkan akan dilakukan setelah pendaftaran SNMPTN 2012 yang dibuka pada bulan Mei 2012 mendatang. Hal ini dilakukan mengingat SMUP 2012 masih akan menggunakan sistem pendaftaran seperti tahun sebelumnya, yang menggunakan data SNMPTN.
Menurut Kepala UPT SMUP, Prof. Dr. Ir. Dadi Suryadi, M.S., yang ditemui di Sekretariat SMUP di Gedung 2 lantai 3 kampus Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Kamis (19/04) ini, ada beberapa perbedaan tata cara pendaftaran SMUP kali ini. Perbedaannya antara lain adalah alur pendaftaran. Pada SMUP tahun sebelumnya, calon peserta diharuskan membeli nomor Personal Identification Number (PIN) terlebih dahulu ke bank dan dilanjutkan dengan mengisi biodata secara online di laman http://smup.unpad.ac.id/, selanjutnya calon peserta diharuskan mengirimkan berkas dokumen yang akan diverifikasi oleh panitia SMUP.
Sementara pada tahun ini, calon peserta terlebih dahulu mengakses laman http://pendaftaran.unpad.ac.id dan mengisi form yang tertera untuk mendapatkan nomor tagihan untuk melakukan pembayaran di Bank Mandiri. Selanjutnya, calon peserta membayar biaya seleksi sesuai dengan jenjang yang dipilihnya. Setelah mendapatkan No. Jurnal / Bill Ref. dan PIN dari bank, calon peserta mendaftar melalui intenet di laman http://pendaftaran.unpad.ac.id dengan menggunakan No Jurnal / Bill Ref. dan PIN tersebut.
“Keuntungannya, dengan sistem ini tidak mungkin ada calon peserta yang salah bayar, dan bank sudah tahu berapa biaya yang harus dibayar calon peserta berdasarkan jenjang yang dipilihnya saat mendaftar online. Mudah-mudahan tidak ada calon peserta yang salah akses karena sudah memilih jenjang sesuai dengan pilihannya,” ujar Prof. Dadi.
Sementara itu, Prof. Dadi juga menyampaikan, bila pada SMUP sebelumnya calon peserta harus mengirim berkas dokumen ke panitia SMUP melalui pos, pada tahun ini, calon peserta cukup memindai (scan) berkas dokumen yang diminta dan kemudian mengunggahnya ke situs http://pendaftaran.unpad.ac.id tersebut. Kecuali untuk calon peserta Magister dan Doktor Fakultas Peternakan, Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS), calon peserta program-program tersebut tetap diharuskan mengirimkan berkas dokumen yang diminta.
“Berkas yang lengkap harus dibawa saat tes tertulis dan wawancara nanti. Kecuali untuk Fakultas Peternakan, tidak ada tes tertulis, tapi berkasnya harus dikirimkan,” jelas Prof. Dadi.
Pada SMUP kali ini, Unpad hanya menunjuk Bank Mandiri sebagai bank resmi untuk melakukan pembayaran biaya SMUP. Calon peserta dapat melakukan pembayaran di seluruh cabang Bank Mandiri, baik melalui teller, ATM maupun internet banking.
Terkait program studi yang dibuka pada jalur SMUP kali ini, Prof. Dadi menyampaikan bahwa pada tahun ini SMUP tidak membuka pendaftaran untuk program S-1 asal D-III (ekstensi) untuk semua fakultas di lingkungan Unpad. Hal ini terkait dengan kebijakan Rektor Unpad untuk tidak membuka program tersebut mulai tahun akademik kali ini. *
Laporan oleh: Marlia

0 komentar:

Posting Komentar