Sabtu, 19 Mei 2012

Waka Kwarnas Bindang Humas dan Informatika: “Penjelasan hubungan pembahasan TRW di Munslub 2012”

Waka Kwarnas Bindang Humas dan Informatika: “Penjelasan hubungan pembahasan TRW di Munslub 2012”

810674_waka bidang humas dan Informatika1.jpg

Waka Kwarna bidang Humas dan Informatika menyampaikan bahwa sehubungan dengan pembahasan TRW di Munaslub 2012 menyampaikan sbb:
1. Sesuai dengan undangan, jadual acara serta hasil kesepakatan bersama dengan Ketua Kwarda se Indonesia pada konsultasi sebelum Munaslub, tujuan Munaslub hanya menyempurnakan AD/ART Gerakan Pramuka sebagai pelaksanaan amanat UU No 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Dengan demikian pembahasan topik lain dalam Munaslub 2012 seperti pembangunan TRW misalnya, dinilai tidak sesuai dan bertentangan dengan tujuan Munaslub, dan karena itu dinilai tidak syah dan cacat hukum.
2.   Sesuai dengan AD/ART Gerakan Pramuka kewenangan pengelolaan dan pemanfatan aset kwartir adalah masing-masing Kwartir. Untuk aset TRW di Cibubur kewenangan itu ada ditangan Kwarnas, bukan ditangan Kwarda, termasuk bukan kewenangan Munaslub. Dengan demikian pembahasan aset TRW oleh Kwarda atau oleh Munaslub dipandang bertentangan dengan AD/ART Gerakan Pramuka.
3.  Kwarnas dalam melaksanakan kewenangan terhadap aset TRW telah membentuk Panitia khusus yang terdiri dari para ahli anggota Gerakan Pramuka. Saran tahap pertama telah disampaikan yakni perlu melakukan kerjasama pembangunan TRW serta pengembangan Pusdiklat Gerakan Pramuka yang sdh tua dan tidak representatif menjadi Pusdiklat Modern sesuai dengan tuntutan globalisasi.
4.  Untuk tuntasnya rencana pembangunan TRW masih memerlukan banyak kegiatan lain yang harus ditempuh seperti mendiskusikannya secara mendalam untuk memperoleh input dari Mabinas, mensepakati desain bangunan yang akan didirikan serta pengurusan izin. Kepada masyarakat yang ingin berkontribusi dapat turut memberikan masukan.
5.  Untuk memenuhi asas keterbukaan informasi, kemajuan rencana pembangunan tsb telah disampaikan pada rapat kerja nasional Gerakan Pramuka yang dilaksanakan 1 hari sebelum Munaslub.
Bagi anggota masyarakat yang memerlukan informasi dapat menghubungi Waka Kwarnas bidang Humas dan Informatika. (sumber: Humas Kwarnas)

0 komentar:

Posting Komentar